Aneka Lomba Bersama Majalah Kumara Kumari

lomba majalah kumara kumariHari minggu kemarin, tepatnya tgl 24 Juni 2012 di Anjungan Bali Taman Mini Indonesia Indah, Majalah Kumara Kumari Hindu for Kids, majalahnya anak Hindu, menyelenggarakan acara bertajuk “Berkreasi Gembira bersama Kumara Kumari”. Kegiatan ini diadakan untuk mengapresiasi kreativitas anak Indonesia, khususnya anak Hindu.

Pada acara ini, digelar berbagai lomba, dari lomba menggambar, lomba mewarnai, lomba menyanyi solo, dan lomba tari kreasi daerah. Walaupun publikasi dan persiapannya kurang dari sebulan, ternyata peminatnya lumayan banyak…. pesertanya mencapai 130 orang!! Yang paling banyak pesertanya adalah lomba mewarnai.

Jam 8 pagi, peserta sudah ramai berdatangan. Setelah daftar ulang, peserta lomba mewarnai dan lomba menggambar langsung cari posisi yang paling adem di bawah tenda, terlindung dari sengatan matahari. Cuaca hari itu memang cerah sekali. Sementara itu peserta lomba menyanyi solo, langsung dipersilahkan menuju sebelah kanan panggung untuk latihan menyanyi diiringi musik secara bergantian. Suasananya heboh sekali!

Tepat jam 9 pagi, acara pun dimulai. Acara dibuka oleh pembawa acara sekaligus pemimpin redaksi Majalah Kumara Kumari, Tiwi Susanti. Supaya para peserta lomba menyanyi tidak grogi, mereka diajak bernyanyi bersama terlebih dahulu. Lomba menyanyi diawali oleh peserta dari kategori B, usia 7-12 tahun dan kemudian dilanjutkan oleh peserta kategori A, yaitu usia 4-6 tahun.

Luar biasa! Anak-anak sekecil ini sudah berani berdiri dan bernyanyi sendiri di atas panggung. Bahkan beberapa dari mereka mampu bernyanyi mengikuti irama musik dengan benar, tanpa perlu dipandu. Tentu saja tetap disertai dengan tingkah polah khas anak-anak. Tingkah mereka yang lucu dan menarik ini juga membuat juri lomba menyanyi tak kuasa menahan senyum. Lihat saja foto para juri ini, senyumnya mencurigakan.

Juri Lomba Menyanyi Kumara Kumari

Para juri, Bagus Narayana dan Sastrani Dewantara

Setelah lomba menyanyi, berikutnya adalah lomba tari kreasi daerah yang ditarikan secara berkelompok. Walau gerakan tari kreasi yang disajikan terbilang sederhana, tapi tetap sedap dipandang mata. Ada Tari Kupu-kupu khas Jawa, Tari Kodok dengan gaya loncat-loncat yang kocak, Tari Janger dari Bali, Tari Kipas, Tari Ondel-ondel, dan Tari Rampak Betawi. Aneka tari kreasi yang ditampilkan dalam lomba tari kreasi daerah ini berhasil memperlihatkan kekayaan budaya Indonesia. Betapa membanggakan menyaksikan keragaman budaya Indonesia, hasil karya anak Indonesia.

Lomba Menyanyi, Mewarnai, dan Tari Kreasi Daerah

Aksi dan Karya Anak Indonesia

Lomba Mewarnai Kumara Kumari

Bagus serius mewarnai

Berbeda dengan lomba menyanyi dan lomba tari kreasi yang heboh dan ramai, di arena lomba menggambar dan lomba mewarnai, terlihat sepi dan khusuk. Termasuk keponakanku yang ganteng, Bagus, ekspresinya serius sekali. Dia begitu asyik mewarnai, tidak peduli dengan anak-anak lain di sekitarnya. Kalau mau lihat hasil gambar pemenang lomba menggambar, lihat di Majalah Kumara Kumari Hindu for Kids Edisi 05 ya…..

Akhirnya di penghujung acara, tibalah saat pengumuman pemenang lomba dan pembagian piala partisipasi bagi seluruh peserta. Semua senang karena dapat piala, walaupun tidak menang. Bagus bangga sekali memamerkan pialanya

Fotografer acara Majalah Kumara Kumari

Sang Fotografer

Acara pun harus berakhir. Senang sekali rasanya ketika semua bisa berjalan dengan lancar. Apalagi melihat antusiasme anak-anak peserta lomba, panas terik pun jadi terasa menyejukkan *lebaydotcom*

Sampai ketemu di acara Kumara Kumari berikutnya….

Share Button

One thought on “Aneka Lomba Bersama Majalah Kumara Kumari

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *