Kebetulan Nonton Gandamayu

Repertoar GandamayuKatanya tidak ada kebetulan yang benar-benar kebetulan. Tapi yang kualami ini memang benar-benar kebetulan. Kebetulan yang membuatku percaya bahwa keinginan kuat disertai tindakan nyata akan senantiasa didukung oleh alam semesta, sehingga terjadilah kebetulan itu.

Semua berawal dari membaca resensi novel Gandamayu di Kompas Minggu. Seketika itu juga aku tertarik untuk membeli novelnya, apalagi penulisnya adalah Putu Fajar Arcana, yang tulisannya sering kubaca di harian Kompas.
 Dalam kunjunganku ke toko buku berikutnya, langsung beli novelnya, beserta banyak buku-buku yang lain. Maklum… paling tidak tahan godaan untuk beli buku. Akibatnya, novel Gandamayu tidak sempat dibaca, tersimpan rapi terbungkus plastik di lemari.

Sekitar dua bulan kemudian, seperti biasa aku latihan gamelan. Salah satu temanku cerita kalau semalam nonton pertunjukkan Ayu Laksmi di Gedung Kesenian Jakarta (GKJ). Saat itu masih belum ngeh kalau itu adalah pementasan teater berjudul Gandamayu. Si Ibu bilang ada pementasan lagi malam ini. Ingin sekali nonton Ayu Laksmi, salah satu penyanyi favoritku, tapi kalau tidak ada teman, malas juga pergi. Suami sedang pendidikan di luar kota, jadi sudah pasti tidak bisa menemani.

Sambil makan siang, iseng lihat-lihat recent update status teman-teman di bbm. Ternyata ada satu teman, Indra, yang tulis status kalau sedang mencari tiket pertunjukan Gandamayu. Keinginan nonton berkobar lagi, tapi masih ragu-ragu karena masih ada janji ketemu teman.

Sore hari di daerah Kuningan, ternyata temanku masih di jalan dan membatalkan pertemuan. Langsung kepikiran lagi sama pertunjukan di GKJ dan segera bbm Indra, menanyakan soal pertunjukannya. Eh…ternyata ada tiket lebih, karena mendadak ada yang batal nonton. Rejeki memang tidak kemana-mana…. Dengan penuh semangat langsung naik bis transjakarta mengarah ke GKJ.

Foto bersama Putu Fajar Arcana

Foto bersama Putu Fajar Arcana

Suasana di GKJ begitu ramai dan meriah. Ketika dikenalin sama bli Can, panggilan Putu Fajar Arcana, girang banget dan langsung minta foto bareng. Ketika pertunjukkan akan dimulai, aku ingat Indra kaget ketika tahu aku naik kendaraan umum.

“Nanti pulangnya gimana?” tanya Indra.

“Gampang… banyak taksi kan?” jawabku enteng. Dan pertunjukkan pun dimulai.

Benar tidak menyesal nonton pementasan ini. Bagus banget! Ayu Laksmi dan para pemain yang lain juga tampil prima. Ketika hendak keluar ruangan, tidak sengaja ketemu kenalan yang tinggal dekat rumah. Langsung sapa dong, dan waktu mereka tahu aku sendirian, mereka langsung menawarkan tumpangan pulang. Hore…. kebetulan! Jadi tidak perlu naik taksi deh.

Masih tidak percaya akan keberuntungan yang kuperoleh sepanjang hari ini. Tapi jadi lebih yakin akan satu hal, keinginan kuat yang dipadu dengan tindakan nyata adalah resep mujarab untuk mendapatkan keberuntungan dalam hidup.

Share Button

One thought on “Kebetulan Nonton Gandamayu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *