Ramal Kartu Tarot, Benar atau Tidak?

ramalan kartu tarotBanyak orang yang ingin tahu akan apa yang menanti di hadapannya, supaya bisa melakukan persiapan. Rasanya lebih pede menghadapi hari esok kalau tahu apa yang akan dihadapi. Mungkin itu sebabnya ramal-meramal selalu saja ada peminatnya, mulai dari ramalan bintang, ramalan garis tangan, sampai ramalan kartu tarot. Hampir tiap majalah lifestyle ada kolom ramalan bintangnya. Ada yang memang percaya pada ramalan, ada yang hanya iseng saja, siapa tahu ramalannya bagus hehe. Kalau saya sih, senang aja diramal. Kalau bagus disyukuri, kalau jelek yang tidak usah dimasukan ke dalam hati. Di sini saya mau cerita tentang pengalaman saya bersentuhan dengan ramal-meramal kartu tarot.

Pertama kali berkenalan dengan metode ramal menggunakan kartu tarot, sepertinya waktu SMP. Sudah cukup lama memang. Tidak terlalu banyak yang saya ingat tentang itu, kecuali ramalan kapan saya akan punya pacar pertama (kira-kira begitulah). Dan ramalannya nyaris tepat hehe. Tapi setelah itu tidak pernah lagi bersinggungan dengan yang ramal-meramal kartu tarot. Paling-paling rajin baca ramalan bintang di majalah (maklum ABG).

Kedua kali, saat sudah menikah dan sedang berusaha untuk hamil. Di Bali, saya dan suami diajak ke satu orang yang bisa meramal dengan kartu tarot. Suami yang pertama dibacakan kartunya. Luar biasanya, hampir semua yang dibacakan melalui media kartu itu tepat. Saran-saran yang diberikan pun logis. Pokoknya kita tidak bisa bohong deh, ketahuan semua rahasianya hehe.

Sejak itu, suami jadi tertarik sama yang namanya kartu tarot. Suatu hari pulang kantor, dia datang membawa kartu tarot plus buku untuk mempelajari cara bacanya. Tapi seperti biasa, suami itu hobinya beli, jarang dibaca hehe. Setelah beberapa bulan nangkring di rak, akhirnya saya gatal juga, buka bungkusnya (masih terbungkus plastik lho!) dan mulai saya baca.

Dari penjelasan awal, dikatakan kalau tarot itu tidak sepenuhnya meramal. Sebenarnya gambar-gambar di kartu itu menunjukkan situasi saat ini yang sedang dihadapi, sehingga bisa diperkirakan apa yang akan terjadi. Kalau kita baca kartu lagi bulan depan, hasilnya bisa berbeda, tergantung kita melakukan perubahan dalam hidup atau tidak. Hmm… menarik!

Tapi ternyata mempelajari kartu tarot tidak semudah yang semula dibayangkan. Kartunya saja ada 78 kartu, 22 kartu arcana mayor dan 56 kartu arcana minor. Untuk bisa ahli membaca, kita harus hafal semua arti gambar pada tiap kartu. Karena penasaran, tetap saja dipelajari, berusaha dihafal satu per satu. Suatu hari, seorang teman merekomendasikan sebuah buku berjudul Psikologi Tarot. Begitu mulai dibaca, baru mulai paham prinsip membaca kartu tarot. Di buku itu dijelaskan pemahaman dasar mengenai tarot dan pola-pola gambar pada kartu. Setelah baca buku itu, menghafal arti gambar pada kartu tarot jadi jauh lebih mudah.

Setelah itu, mulai praktek deh, dengan masih buka buku, soalnya belum hafal betul arti gambar pada kartu dan pola-pola tebaran kartu tarot. Seperti ujian open book hehe… Dari beberapa kali percobaan, ternyata hasilnya cukup memuaskan buat pemula. Teman-teman yang dibacakan kartunya merasa cocok dan bahkan di kemudian hari minta dibacakan lagi. Jadi makin pede nih dan makin semangat mempelajari kartu tarot.

Kok bisa hasil bacanya sesuai? Menurut buku yang saya baca, tarot itu bisa digunakan untuk membaca kondisi alam bawah sadar. Hampir semua yang pernah kita alami terekam dalam alam bawah sadar kita. Itu sebabnya trauma masa kecil yang mungkin kita tidak ingat (secara sadar), bisa mempengaruhi tingkah laku kita saat dewasa. Atau misalnya saat menyetir mobil, tangan dan kaki sudah otomatis bergerak. Itu karena hal-hal yang berulang kali kita lakukan lama-lama terekam dalam alam bawah sadar dan akhirnya jadi refleks. Sebegitu kuatnya pengaruh alam bawah sadar, namun seringkali tidak kita sadari.

Alam bawah sadar ada privat, ada yang kolektif. Yang privat, tentu hanya bisa diakses oleh masing-masing individu. Nah informasi dari alam bawah sadar kolektif inilah yang bisa diakses melalui kartu tarot. Mulai dari pemilihan kartu yang akan dibaca, di situ alam bawah sadar mulai bekerja. Makanya sekarang mulai dikembangkan ilmu psikologi dengan bantuan kartu tarot.

Pernah seorang kenalan minta dibacakan kartu tarot berkaitan tentang gebetannya. Kebetulan kenalan saya ini pernah belajar tarot juga walau tidak secara serius, jadi dia tahu beberapa arti kartu tarot yang keluar. Ternyata keluar kartu 3 pedang yang menusuk hati. Saat itu saya menyimpulkan kalau si gebetan bukanlah orang yang cocok untuknya. Awalnya sih dia seperti menerima jawaban itu, tapi setelah kartu dibereskan, dia minta buka kartu lagi, ceritanya penasaran… Setelah dia ambil kartu lagi, saya buka, dan keluar lagi kartu 3 pedang yang menusuk hati! Kok bisa ya? Saya juga kurang tahu, tapi mungkin teori tentang alam bawah sadar yang mempengaruhi pembacaan kartu tarot itu benar adanya.

Saya sendiri setiap membacakan kartu tarot selalu bilang, saya bukan peramal. Saya hanya membaca kartu yang dipilih saja. Boleh percaya sama hasil pembacaan, boleh juga tidak. Kalaupun dibaca akan terjadi sesuatu yang buruk, tetap bisa dicegah kalau kita mau berubah. Jadi nasib anda tetap di tangan anda sendiri.

Share Button

Incoming search terms:

15 thoughts on “Ramal Kartu Tarot, Benar atau Tidak?

  1. Novianti Pratiwi

    Mbak, aku tertarik banget pengen dibacain kartu tarot.
    Boleh dibantu?
    Pengen belajar tapi agak susah dikota ku cari kartu tarot 🙁
    Pleaseee mohon dibantu yaaahh.
    Makasih

    Reply
    1. aaayua Post author

      Maaf ya saya sementara ini tidak melayani pembacaan kartu tarot.
      Kalau sekedar ingin diskusi ttg kartu tarot sih boleh, silahkan tanya aja disini…

      Reply
    2. Sari

      Hai novi..mungkin saya bisa membantu.. Saya bisa kenalkan anda dengan orng yg bisa meramalkan menggunakan Tarot. Tp ini berlokasi di bali. ☺ 083114081732 ini contack nya. Silakan dihubungi jika berkenan… Trima… Senang bisa membantu… 😊

      Reply
    1. sari

      kalo di bali ada. di daerah Kabupaten Gianyar, batubulan batuyang. wa 083114081732. FB Dewa Suryaningrat…:) silakan di coba mbak..

      Reply
  2. Astho

    asyiek.., sesuatu itu mistis karena kita tidak mengerti..
    semoga setelah paham, menjadi terlihat logis..

    seperti perkalian biner (basis dua) itu mistis saat kita brlm paham, dan menjadi logis saat kita mengerti…
    blog yg menarik.. salam kenal 🙂

    Reply
  3. Clara

    Sist makna eight of pentacles, ten of pentacles, dan five of swords sebenarnya gimana ya?
    Saya berkali2 mengocok kartu dan dapatnya itu, tp masih ga paham ama penafsirannya, karena saya tnya setiap org berbeda beda

    Reply
    1. aaayua Post author

      Dear clara,
      Makna itu tergantung pertanyaan dan kondisi juga. Untuk kasus yang berbeda, kartu yang sama bisa maknanya beda.
      Secara umum, pentacles itu menggambarkan kemakmuran secara fisik, bisa keuangan, kesehatan, dan lain-lain. Kalau swords menggambarkan ketajaman berpikir dan ketajaman lidah, alias komunikasi.

      Kalau penafsiran detil, tergantung konteks pertanyaan dan kartu yang digunakan.
      Mudah-mudahan membantu.

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *